Monday 11 August 2014

Mengenal Tipe Data Dalam Bahasa Pemrograman

Mengenal Tipe Data Dalam Bahasa Pemrograman

Dalam mengerjakan program-program dari mulai yang sederhana sampai yang komplek, kita harus faham dan tahu dulu apa itu tipe data dan jenis yang mana yang dipakai jika dalam mmebuat program-program tertentu. Ini sangat penting sekali, karena kesalah salam tipe data bisa menyeabbkan program eror atau tidak muncul dalam outputnya.

Mengenal Tipe Data Dalam Bahasa Pemrograman
Terdapat banyak sekali jenis tipe data dalam bahasa pemrograman, hanya saja untuk saat ini akan di bahas tipe data sederhana dan terstruktur  yang sering di pakai bagi pemula dalam membuat sebuah program-program sederhana. Ada empat macam yaitu Tipe data integer, Real, Char, Boolean/logic.  

Tipe Data Sederhana

Tipe Data Integer ( Bilangan Bulat)
Digunakan untuk program bilangan bulat ( 1,2,3,4...dst). Penggolongan tipe data integer dimaksudkan untuk membatasi alokasi memori yang dibutuhkan. Seperti dalam perhitungan dari suatu variabel bilangan yang diperkirakan nilai maksimumnya 32767 kata.

Tipe Data Real ( Bilangan Pecahan)
Jenis ini digunakan biasanya dalam pecahan, dapat dituliskan secara biasa atau model scientific. Contoh bilangan real : 34.265 -3.55 0.0 35.997E+11, dimana E merupakan simbol perpangkatan 10. Jadi 452.13 mempunyai nilai sama dengan 4.5213e2.

Tipe Data Boolean/Logic
Adalah jenis tipe data logika yang berisi dua kemungkinan  nilai : TRUE ( Benar) dan False ( Salah ).

Tipe Data Char
Tipe data yang digunakan untuk karakter atau simbol-simbol. 

Tipe Data Terstruktur

Tipe Data String
Merupakan suatu data yang menyimpan array (larik),sebagai contoh: 'ABCDEF' merupakan sebuah konstanta string yang berisikan 6 byte karakter.Ukuran Tempat untuk tipe data ini adalah 2 s/d 256byte, dengan jumlah elemen 1 s/d 255. String dideklarasikan dengan string [ konstanta ] atau string. Bila ukuran string tidak didefinisikan maka akan banyak memakan ruang, karena ukuran string menyesuaikan dengan defaultnya.

Tipe Data Array
Array merupakan sebuah struktur dara yang terdiri dari banyak variabel dengan tipe data sama, dimana masing-masing elemen variabel memiliki nilai indeks.Setiap elemen array mampu untuk menyimpan satu jenis data (yaitu: variabel). Suatu array dinyatakan dengan type, sehingga variabel yang bekerja akan dinyatakan dengan:

                     Contoh type : Var A = array [1..10] of integer;

Reccord ( Rekaman)
Sebuah record rekaman disusun oleh beberapa field. Dari setiap field berisi data dari tipe dasar/bentukan tertentu. Record memiliki kelebihan untuk menyimpan suatu sekumpulan elemen daya yang berbeda-beda tipenya ( dibandingkan dengan array).

0 comments:

Post a Comment

Biar Saling Bantu..Budayakan Berkomentar Setelah Membaca yaa... Terima Kasih...^_^

 
Nasphie - Post Blogger Template by Ipietoon Blogger Template