Tuesday 30 September 2014

Tentang Logika Matematika Bagian I ( Smtr 1 Fikom Masukkk)

Tentang Logika Matematika ( Smtr 1 Fikom Masukkk)

Di awal semester untuk perkuliahan komputer lebih tepatnya jurusan Sistem Informasi ada satu mata kuliah yang saya suka. Logika Matematika dimana kita mengenal istilah AND, OR, dan NOT. Namun, sebelumke pembahasan itu, adabaiknya kita kenal dulu tentang apa sih itu Logika Matematika? .

Artikel ini merupakan mata kuliah di pertemuan pertama untuk semester baru. Mengenal dasar=dasarnya dulu, kemudian akan berlanjut ke tingkat lebih sulit. Yuk enjoyy ^_^

Apa Itu Penalaran ?
Tentang Logika Matematika Bagian I
Penalaran Merupakan suatu proses berpikir yang membuahkan pengetahuan.”Agar pengetahuan yg dihasilkan penalaran itu mempunyai dasar kebenaran maka proses berpikir itu harus dilakukan  suatu cara tertentu". Suatu penarikan kesimpulan baru dianggap sahih (valid) kalau proses penarikan kesimpulannya dilakukan menurut cara tertentu.

Bagaimana dengan Logika ?
Secara luas logika diartikan sebagai  ilmu yang mempelajari secara sistematis kaidah-kaidah penalaran yang absah/valid. Penalaran terbagi menjadi dua yaitu Penalaran Induktif dan Penalaran Deduktif.

Penalaran induktif erat hubungannya dengan penarikan kesimpulan dari kasus-kasus individual nyata menjadi kesimpulan yang bersifat umum. Penalaran induktif adalah penalaran yang didasarkan pada premis-premis yang bersifat faktual untuk menarik kesimpulan yang berlaku umum.

Contoh:
    Premis 1    :    Ayam-1 berkembang biak dengan telur.
    Premis 2    :    Ayam-2 berkembang biak dengan telur.
    Premis 3    :    Ayam-3 berkembang biak dengan telur.
    Premis 4    :    Ayam-4 berkembang biak dengan telur.
    :
    :
    :
    Premis 50    :    Ayam-50 berkembang biak dengan telur.
    Kesimpulan     :     Semua ayam berkembang biak dengan telur.

Penalaran deduktif  membantu kita menarik kesimpulan dari hal yang bersifat umum menjadi kasus yang bersifat individual (khsusus ). Penalaran deduktif adalah penalaran yang didasarkan pada premis-premis yang diandaikan benar untuk menarik suatu kesimpulan dengan mengikuti pola penalaran tertentu.
Contoh:
    Premis 1    :    Semua mahasiswa baru  mengikuti  OSPEK.
    Premis 2    :    Wulandari adalah mahasiswa baru.

    Kesimpulan :    Wulandari mengikuti OSPEK.

Ingin lebih mudah mengerti? Mari kita asumsikan:

A :  Mahasiswa Baru
B : Mengikuti Ospek
C : Wulandari

Dari premis 1 dan premis 2, diketahui rumus:
Premis 1      :   A  B
Premis         :   C  A

Kesimpulan  :  C  B

Tentang Logika Matematika sampai sini sudah bisa di fahami ?? :D Pelan -pelan saja untuk memahaminya...

Ada dua cara untuk mendapatkan pengetahuan yang benar
Mendasar diri pada rasio, diantaranya:
  •  Kaum rasionalis
  • Mempergenukan metode deduktif

Mendasar diri pada pengalaman
  • Kaum empiris
  • Mempergunakan metode induktif

Kembali Ke pokok, jadi Apa yang maksud Logika Matematika ?

Logika Matematika/Logika Simbol  ialah Logika  yang menggunakan bahasa Matematika, yaitu dengan menggunakan lambang-lambang atau simbol- simbol.

Pernyataan merupakan kalimat yang mempunyai nilai kebenaran (benar atau salah). Pernyataan yang tidak mengandung kata hubung kalimat disebut pernyataan primer/pernyataan tunggal/pernyataan atom, sedangkan  pernyataan yang mengandung satu atau lebih kata hubung kalimat disebut pernyataan majemuk.

Pernyataan yang benar dikatakan mempunyai nilai kebenaran B (benar), sedangkan pernyataan yang salah dikatakan mempunyai nilai kebenaran S (salah).

Catatan Penting !!
Nilai kebenaran suatu pernyataan kadang-kadang ditulis dengan lambang angka 1 atau 0. Angka 1 ekuivalen dengan nilai kebenaran B, sedangkan angka 0 ekuivalen dengan nilai kebenaran S. Lambang nilai kebenaran 1 dan 0 biasanya digunakan untuk menganalisis suatu jaringan listrik.

Masih dalam Lingkup Logika Matematika kita akan mengenal tentang kalimat terbuka

Kalimat terbuka ialah kalimat yang memuat peubah, sehingga belum dapat di tentukan nilai kebenarannya. Contoh : X+2 > 10 ini merupakan contoh kalimat terbuka karena masih ada peubah yaitu (x) dimana nilai kebenarannya belum bisa ditentukan. Faham kan? 

Nah, cukup sampai pembahasan Kalimat terbuka dalam artikel Tentang Logika Matematika Bagian I. Nantikan juga materi-materi lain yang akan kami sampaikan dengan bahasa yang mudah dimengerti. Enjoy yaa ....

0 comments:

Post a Comment

Biar Saling Bantu..Budayakan Berkomentar Setelah Membaca yaa... Terima Kasih...^_^

 
Nasphie - Post Blogger Template by Ipietoon Blogger Template