Wednesday 15 October 2014

Konsep Dasar Komunikasi Data dan Jaringan

Konsep Dasar Komunikasi Data dan Jaringan

Kembali lagi pada artikel mengenai Materi Kuliah, dimaksudkan untuk memberikan pengetahuan mengenai jaringan. Dilihat dari judulnya mengenai Komunikasi data dan Jaringan, akan lebih baik kita juga faham apa itu perbedaan data dan informasi.

Konsep Dasar Komunikasi Data dan Jaringan
Secara sepintas mungkin memang terasa sama, tapi jelas dua hal ini berbeda. Data merupakan fakta yang belum diolah atau masih mentah dan bisa saja ditambahkan dari data-data lainnya. Berbeda dengan Informasi yang merupakan kelanjutan dari Data di mana informasi merupakan Data yang telah diolah sehingga bisa lebih berguna untuk pemakainya. Lebih jelas bukan perbedaannya?

Komunikasi adalah proses pengiriman data dan informasi dari sumber menuju ke penerima melalui media. Orang indonesia seperti saya biasanya harus pakai contoh biar lebih ngerti, misal : hasil tes ujian yang telah dilaksanakan dalam suatu kelas, bisa menjadi pertimbangan bagi dosen dalam penentukan kelulusan. Contoh lain yah, ketika si A memangila B selanjutnya dari panggilan ( data suara ) si A diolah menjadi informasi oleh si B yang akan dijadikan pertimbangan dalam pengambilan keputusan apakah si B meresepon panggilan si A atau tidak. Agak pusing juga yah? diteliti sedikit demi sedikit oke ^_^

Secara umum, komunikasi merupakan proses pertukaran informasi dari dua buah pihak atau lebih. Berikut arah dimana komunikasi ini terjadi:

Sumber >> Pemancar >> Sistem Transmisi >> Penerima >> Tujuan

Sumber : merupakan perangkat yang menghasilkan data atau informasi yang akan di transmisiskan seperti telepon, fax dll.

Pemancar : Umumnya dara dari sumber tidak di panarkan secara langsung dalam bentuk asli. Data tersebut diubah dulu menjadi sinyal informasi dan ditumpangkan pada sinyal carrier dimana proses ini disebut modulasi.

Sistem Transmisi : berupa jalur tunggal atau jaringan komplek yang menghubungkan antara sumber dengan tujuan. Tugasnya adalah menerima berita yang dikirimkan oleh suatu sumber informasi dan menyalurkan berita yang diterima ke tempat tujuan. Contoh melalui cabel coaxial.

Penerima : bagian yang menangkap sinyal yang telah dikirimkan oleh pemancar kemudian memisahkan sinyal tersebut dari sinyal carrier untuk kemudian sinyal informasi diubah menjadi informasi.

Apa Itu Komunikasi Data ?

Merupakan bagian dari telekomunikasi yang secara khusus berkenaan dengan transmisis atau pemindahan data dan informasi di antara komputer-komputer dan puranti-piranti yan glain dalam bentuk digital yang dikirimkan melalui media komunikasi data.

Elemen Komunikasi Data

Ada Lima komponen dasar penyusunnya yaitu :  
  1. Pesan : Informasi yang akan disampaikan oleh pengirim ke penerima
  2. Pengirim : Piranti yang mampu mengirim data
  3. Penerima : perangkat yang menerima pesan bahwa p engirim ingin berkomunikasi data
  4. Media Transmisi : Jalan dimana pesan perjalanan dari pengirim ke penerima. Bisa menggunakan kabel atau tanpa kabel.
  5. Protokol : Aturan atau set yang telah disepakati yang digunakan oleh pengirim dan penerima untuk berkomunikasi data.

Apa Itu Jaringan Komunikasi Data

Dari arti sederhananya, jaringan adalah hubungan antara dua atau lebih sistem komputer melalui media komunikasi untuk melakukan komunikasi darah satu dengan lainnya.

Secara Umum Jaringan Komputer terbagi Menjadi 5
Local Are Network ( LAN)
Tentu, hal ini tidak asing lagi. adalah jarngan miliki pribadi di dalam sebuah gedung atau kampus yag berujuran sampai beberapa kilometer.

Metropolitan Area Network ( MAN)
Sebenarnya adalah versi LAN yang berujuran besar dan umumnya menggunakan teknologi yang sama . Namun MAN dapat mencakup kantor-kantor perusahaan yang letaknya berdekatan atau juga sebuah kota.

Wide Area Network (WAN)
Jangkauannya mencakup daerah geografis yang luas , seringkali sebuah negara atau benua. WAN terdiri dari kumpulan mesin-mesin yang tujuannya menjalankan program pemakai.

Internet 
Inilah yang amat sangat tidak asin glagi, bahkan hampir semua menggunakannya karena jangkauannya yang tidak dibatasi oleh wilayah. Kumpulan jaringan yang terinterkoneksi.

Jaringan Tanpa Kabel
Adalah solusi pada komunikasi yang tidak bisa dilakukan dengan jaringan menggunakan kabel. Sumber : http://mobilemultimedia301.wordpress.com/

Nah, itulah informasi mengenai Konsep Dasar Komunikasi Data dan Jaringan yang bisa admin sampaikan. Mudah- mudahan bisa menambah wawasan dan pengetahuan kita semua. Amin...

0 comments:

Post a Comment

Biar Saling Bantu..Budayakan Berkomentar Setelah Membaca yaa... Terima Kasih...^_^

 
Nasphie - Post Blogger Template by Ipietoon Blogger Template